flan

hi,

Kali ini saya mau berbagi resep Flan atau Caramel Custard Pudding. Karena buat nya gampang. Ini udah yang ketiga 3x nya saya bikin Flan, yang pertama gula nya agak kurang kecoklatan tapi enak, teksturnya juga bagus, yang kedua gulanya gosong sih menurut saya (karena nunggu warna coklat tapi malah agak pahit) tetep bisa dimakan kok sama Ava, biasanya kan anak kecil ngga suka agak pahit. Terakhir kemaren bikin sempurna, gula nya oke, teksturnya oke tapi agak kemanisan menurut saya, mungkin karena pake kental manis.

ini resep nya

Bahan-bahan :

Gula pasir 10 sdm

Susu (saya pakai ultra plain 250 ml)

Telur 3 butir

Vanilla essence

Tepung custard (optional)

Mentega bwat ngolesin mangkok nya

Mangkok / Ramekin

 

Untuk bikin caramel –> gula 8 sdm

Air 2 sdm

 

Cara bikin:

1. Campur gula dan air 2 sdm diatas teflon, ngga usah diaduk-aduk. Api kecil aja. Sampai agak kuning kecoklatan. Matikan api, tuang ke mangkok nya. Harus dituang dalam keadaan panas, kalo ngga caramel nya mengeras. Hati-hati ya

2. Hangatkan susu, bukan mendidih tapi hangat. Campur gula, aduk-aduk, lalu masukkan telur satu per-satu. Masukan vnilla essence dan tepung custard. Jika sudah tercampur rata, tuang ke mangkok.

3. Letakkan mangkok diatas loyang, tutup pake aluminium foil (optional). Tuang air hangat/panas ke dalam loyang.

4. Masukan oven suhu 170-180 C. Selama 30 menit. (di resep aslinya 40 menit, tapi coba 30 menit dulu, takutnya gosong. Kalo kurang mateng kan tinggal masukin oven lagi)

 

Selamat mencoba :)

 

 

Tags: , , , , , , , , ,

No comments yet.

Leave a Reply