Menyapih tanpa drama

Hi, parents

Disini saya cuma mau sharing pengalaman saya menyapih anak saya, Ava. Saya menyapih Ava saat dia berusia tepat 2 tahun. Alhamdulillah tanpa drama, tanpa nangis nangis, tantrum atau teriak teriak. Bukan saya yang jago tapi karena Allah mudahkan.

Berikut steps nya..

Step pertama yang penting hihihi ini sama kaya toilet training juga ya.

Bisikin saat anak tidur. Tidur siang dan tidur malem. Bisikin nya gini,

“Ava, nanti kalo udah 2 tahun ngga nyusu sama mama lagi ya”

Bisa di ganti dengan bahasa apapun yg anak mengerti ya. Saya lebih suka menyebut umur daripada pake kata “nanti kalo udah besar”. Pengertian kata “besar” masih luas menurut saya, apalagi kita sebagai orang tua kadang menyebut anak sudah besar, kadang menyebut anak “kamu kan masih kecil”. Nanti anak akan bingung.

Anyway, proses bisikin ini saya mulai sejak Ava usia 20 bulan. Yaitu 4 bulan sebelum waktunya disapih. Ngga tiap hari kok, paling 2 hari sekali, seingetnya saya aja hihi

 

Step kedua

Kurangi frekuensi menyusu.

Sebenernya, sejak anak makan table food (makanan rumah) yaitu diatas usia satu tahun, udah pasti frekwensi menyusu pun berkurang. Sejak usia Ava 20 bulan saya kurangi nyusu di siang hari. Biasanya siang 4x misalnya, sebelum tidur siang juga, saat tidur siang juga. Di kurangi bertahap jadi 3x, lalu 2x, menjadi 1x dan tidak menyusu sama sekali. Gimana kalo anak minta nyusu? Alihkan. Bisa dengan ajak main, bacain buku, kasih cemilan (saya suka bikin  cemilan sendiri seperti pumpkin pudding, cookie, pernah bikin juga cookie ubi ungu, salmon cheese nugget, chicken nugget. Kapan kapan saya share resepnya ya).

Nah, itu kan siang. Malem nya juga kurangi. Kurangi setiap 2 minggu ya. Misal, sekarang 4x (saat malem), 2 minggu kemudian kurangi jadi 3x, 2 minggu berikutnya jadi 2x dan seterusnya. Kalo anak gelisah gimana? Di pukpuk anak nya/ di usap usap dan di peluk. Saya tidak memberikan air putih malem-malem sebagai pengganti susu karena ngga mau jadi kebiasaan. Setelah menyapih kan toilet training, nanti malah susah ngilangin kebiasaan minum air putih tengah malem.

Step ketiga

Ajarkan anak minum pake gelas

Kalo saya sih pake doidy cup, sebenernya gelas apa juga gpp tapi gelas beneran bukan gelas yg bolong ujung nya gitu. Ava udah pegang doidy cup sejak dia usia 6 bulan, awalnya nyoba minum asip pake doidy cup. Anak nya oke oke aja sih. Jangan mengalihkan anak dari nyusu ke botol, empeng dan sejenisnya. Nanti malah jadi pe-er lagi ketika harus melepasnya

Tidak perlu juga ya pake apa apa di puting ibu nya, soalnya mba yg kerja dirumah bilang dia udah pake odol, betadine, pare tapi ngga berhasil juga bikin anaknya stop nyusu.

 

“Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyusui secara sempurna…

Apabila keduanya ingin menyapih (sebelum dua tahun) dengan persetujuan dan permusyawaratan antara keduanya, maka tidak ada dosa atas keduanya…..” (2:233)

 

Sekian sharing nya. Semoga sukses menyapihnya ya mom :)

Tags: , , , , , , , ,

No comments yet.

Leave a Reply